SISTEM
BILANGAN
1.
BINER (basis 2) dengan simbol bilangan
0 dan 1.
- Kode Gray ® kenaikan hitungan (penambahan) dilakukan hanya dengan
pengubahan keadaan satu bit saja.
Jumat, 19 Oktober 2012
Sistim Bilangan
-
Cari b dalam tabel 2.9 Kode ASCII
(Pengantar Organisasi Komputer, GUNADARMA, halaman 68) nilai barisnya adalah
(6)16 = (0110)2 dan nilai kolomnya adalah (2)16 = (0010)2. Jadi
kode ASCII untuk b adalah (62)16 atau (01100010)2.
· REPRESENTASI
FLOATING-POINT
- Menyatakan
suatu bilangan yang sangat besar/sangat kecil dengan menggeser titik desimal
secara dinamis ke tempat yang sesuai dan menggunakan eksponen 10 untuk menjaga
titik desimal itu.
- Sehingga
range bilangan yang sangat besar dan sangat kecil untuk direpresentasikan hanya
dengan beberapa digit saja.
- Dinyatakan
dengan notasi ®
a = (m,e) , dimana :
a=
m x re r = radiks
m = mantissa
e = eksponen
Contoh
: Tunjukkan bilangan-bilangan berikut ini dalam notasi floating point.
a. (45.382)10®
0.45382 x 102 = (0.45382,2)
b.
(-21,35)8 ® -2135,0 x 8-2 =
(-2135.0,-2)
ARITMATIKA
FLOATING POINT
-
Penambahan 0,63524
x 103
0,63215 x 103 +
1,26739 x 103 ®
0,126739 x 104
- Pengurangan 0,63524 x 103
0,63215
x 103 -
0,00309 x 103® 0,309 x 101
-
0,10100 x 22 ®
0,01010 x 23
0,11000 x 23 ® 0,11000 x 23 +
1,00010 x 23 ® 0,10001 x 24
- Perkalian
(0,253
x 102) x (0,124 x 103) = (0,253) x (0,124) x 102+3
= 0,031 x 105 ® 0,31 x 104
normalize
- Pembagian 0,253 x 102 = 0,253
x 102-3
0,124 x 103 0,124
= 2,040 x 10-1 ® 0,204 x 100
overflow
·
REPRESENTASI FIXED POINT
Radiks
point/binary point tetap dan diasumsikan akan berada di sebelah kanan dari
digit yang paling kanan.
1.
Representasi Sign-Magnitude/Nilai tanda
Untuk
merepresentasikan bilangan integer negatif dan positif. Dengan menggunakan MSB
sebagai bit tanda ®0
= positif, 1 = negatif
Contoh
:
Sign-Magnitude
+9 dalam 8 bit = 00001001
Sign-Magnitude
–4 dalam 4 bit = 1100
Magnitude
dari bilangan positif dan negatif sama hanya beda pada sign digitnya/MSB.
2.
Representasi Komplemen-1
Untuk
mendapat komplemen-1 maka bilangan nol diubah menjadi satu dan satu menjadi
nol.
3.
Representasi Komplemen-2
Langkah-langkah
: Pengubahan bilangan desimal bertanda ke bilangan komplemen-2 (8-bit)
· Tentukan
bit tanda/MSB ®
0 = positif, 1 = neg.
· Ubah
desimal ke biner (7-bit)
· Ubah
ke kompl-1 (setiap 0 diubah ke 1 dan setiap
1 diubah ke 0)
· Ubah
ke kompl-2 (tambahkan +1 ke kompl-1
untuk mendapat bil. kompl-2)
· Gabung
menjadi satu yaitu MSB sebagai tanda
bit dan 7-bit sebagai besarannya.
Langkah-langkah
: Pengubahan bil. kompl-2 (8-bit) ke bil. des. bertanda
· Tentukan
bit tanda/MSB
· Ubah
7-bit kompl-2 tersebut ke kompl-1
· Ditambah
+1 ke kompl-1
· Ubah
biner ke desimal
ARITMATIKA
FIXED POINT
Penambahan positif, negatif, dan
secara kebalikan bil-bil. biner yang diberi tanda yang direpresentasikan dalam
komplemen-2.
001110 (+14)
110010 (-14)
+ 001100 (+12) end carry + 110100
(-12)
011010 (+26)
1 100110 (-26)
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar
Budayakan Share ^_^