Minggu, 28 Oktober 2012

5 Trend Teknologi 2013

camaba-ndull  ~  Tren teknologi terus berubah dari setiap waktu ke waktu. Sejak memasuki era digital, perkembangan teknologi khususnya internet melaju sedemikian cepat. Setiap tahun ada inovasi baru atau pengembangan teknologi sebelumnya yang sangat tidak disangka-sangka dan cukup prospektif untuk lahan bisnis.

Untuk tahun 2013, lembaga riset Gartner memilih tren teknologi komputer yang akan booming. Banyak investor yang siap-siap banting setir untuk mengembangkan teknologi tersebut. Aplikasinya cukup luas, dari perakitan peranti keras yang memakan banyak modal hingga pengembangan software yang cukup dilakukan beberapa unit komputer.

Apa saja tren teknologi 2013 menurut Gartner? Ini lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perangkat mobile

Gartner memperkirakan penggunaan gadget mobile seperti telepon selular dan komputer tablet untuk akses internet bakal melampaui komputer konvensional. Sekitar 80 persen akses internet dilakukan melalui ponsel, terutama yang berbasis Windows dan Android. Tak heran penjualan ponsel-ponsel tersebut bakal mengungguli iPhone buatan Apple serta Blackberry.

2. Software mobile & HTML 5

Pamor HTML 5 didongkrak software-software dengan basis JavaScript. Aplikasi komputer konvensional pun bakal tergeser dengan program untuk gadget mobile yang lebih ringkas. 

3. Komputasi awan

Sejak diperkenalkan dua tahun lalu, komputasi awan atau cloud computing semakin merajalela. Sebab, bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi, perangkat komputer dengan hard disk kapasitas besar sudah tak penting dan tak nyaman untuk dibawa.  

4. Koneksi internet 

Sambungan internet nirkabel menjadi kebutuhan utama setiap orang pada 2013. Karena segala pekerjaan sudah bersandar pada internet, keberadaan penyedia wi-fi atau hotspot sangat vital. Anda bisa terjun ke bisnis ini jika ingin meraup pasar yang masif.

5. App store

Gartner memperkirakan, pada 2013-2014 ada 70 miliar software mobile yang diunduh setiap tahun dari toko-toko aplikasi online atau app store. Pada periode yang sama, software tersebut tidak lagi digunakan secara individual melainkan oleh korporasi. Ini menjadi pasar yang sangat menggiurkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Budayakan Share ^_^