Selasa, 13 November 2012

--- Perjalanan seekor Burung Pipit ---

 
Ketika musim kemarau baru saja mulai, seekor Burung Pipit mulai merasakan tubuhnya kepanasan, lalu mengumpat pada lingkungan yang dituduhnya tidak bersahabat. Dia lalu memutuskan untuk meninggalkan tempat yang sejak dahulu menjadi habitatnya, terbang jauh ke utara yang konon kabarnya, udara disana selalu dingin dan sejuk.

Benar, pelan-pelan dia merasakan kesejukan udara, makin ke utara makin sejuk, dia semakin bersemangat memacu terbangnya lebih ke utara lagi. Terbawa oleh nafsu, dia tak merasakan sayapnya yang mulai tertempel salju, makin lama makin tebal, dan akhirnya dia jatuh ke tanah karena tubuhnya terbungkus salju. Sampai ke tanah, salju yang menempel di sayapnya justru bertambah tebal. Si Burung pipit tak mampu berbuat apa apa, menyangka bahwa riwayatnya telah tamat.

Dia merintih menyesali nasibnya. Mendengar suara rintihan, seekor Kerbau yang kebetulan lewat datang menghampirinya. Namun si burung kecewa mengapa yang datang hanya seekor Kerbau, dia menghardik si Kerbau agar menjauh dan mengatakan bahwa makhluk yang to lol tak mungkin mampu berbuat sesuatu untuk menolongnya.

Si Kerbau tidak banyak bicara, dia hanya berdiri, kemudian kencing tepat diatas burung tersebut. Si Burung Pipit semakin marah dan memaki-maki si Kerbau. Lagi-lagi si Kerbau tidak bicara, dia maju satu langkah lagi, dan
mengeluarkan kotoran ke atas tubuh si burung. Seketika itu si Burung tidak dapat bicara karena tertimbun kotoran kerbau. Si Burung mengira lagi bahwa dia akan mati karena tak bisa bernapas.

Namun perlahan lahan, dia merasakan kehangatan, salju yang membeku pada bulunya pelan-pelan meleleh oleh hangatnya kotoran kerbau, dia dapat bernapas lega dan melihat kembali langit yang cerah. Si Burung Pipit berteriak kegirangan, bernyanyi keras sepuas puas-puasnya.

Mendengar ada suara burung bernyanyi, seekor anak kucing menghampiri sumber suara, mengulurkan tangannya, mengais tubuh si burung dan kemudian menimang nimang, menjilati, mengelus dan membersihkan sisa-sisa salju yang masih menempel pada bulu si burung. Begitu bulunya bersih, si Burung bernyanyi dan menari kegirangan, dia mengira telah mendapatkan teman yang ramah dan baik hati.

Namun apa yang terjadi kemudian, seketika itu juga dunia terasa gelap gulita bagi si Burung, dan tamatlah riwayat si Burung Pipit ditelan oleh si Kucing.

***

Dari kisah ini, banyak pesan moral yang dapat dipakai sebagai pelajaran, diantaranya :

1. Halaman tetangga yang nampak lebih hijau, belum tentu cocok buat kita.
2. Baik dan buruknya penampilan, jangan dipakai sebagai satu-satunya ukuran.
3. Apa yang pada mulanya terasa pahit dan tidak enak, kadang-kadang bisa berbalik membawa hikmah yang menyenangkan, dan demikian pula sebaliknya.
4. Ketika kita baru saja mendapatkan kenikmatan, jangan lupa dan jangan terburu nafsu, agar tidak kebablasan.
5. Waspadalah terhadap orang yang memberikan janji yang berlebihan.

(repost from:myquran.com)
Semoga Bermanfaat
Salam Santun Ukhuwah Karena_NYA

Minggu, 28 Oktober 2012

5 Trend Teknologi 2013

camaba-ndull  ~  Tren teknologi terus berubah dari setiap waktu ke waktu. Sejak memasuki era digital, perkembangan teknologi khususnya internet melaju sedemikian cepat. Setiap tahun ada inovasi baru atau pengembangan teknologi sebelumnya yang sangat tidak disangka-sangka dan cukup prospektif untuk lahan bisnis.

Untuk tahun 2013, lembaga riset Gartner memilih tren teknologi komputer yang akan booming. Banyak investor yang siap-siap banting setir untuk mengembangkan teknologi tersebut. Aplikasinya cukup luas, dari perakitan peranti keras yang memakan banyak modal hingga pengembangan software yang cukup dilakukan beberapa unit komputer.

Apa saja tren teknologi 2013 menurut Gartner? Ini lima di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perangkat mobile

Gartner memperkirakan penggunaan gadget mobile seperti telepon selular dan komputer tablet untuk akses internet bakal melampaui komputer konvensional. Sekitar 80 persen akses internet dilakukan melalui ponsel, terutama yang berbasis Windows dan Android. Tak heran penjualan ponsel-ponsel tersebut bakal mengungguli iPhone buatan Apple serta Blackberry.

2. Software mobile & HTML 5

Pamor HTML 5 didongkrak software-software dengan basis JavaScript. Aplikasi komputer konvensional pun bakal tergeser dengan program untuk gadget mobile yang lebih ringkas. 

3. Komputasi awan

Sejak diperkenalkan dua tahun lalu, komputasi awan atau cloud computing semakin merajalela. Sebab, bagi orang-orang dengan mobilitas tinggi, perangkat komputer dengan hard disk kapasitas besar sudah tak penting dan tak nyaman untuk dibawa.  

4. Koneksi internet 

Sambungan internet nirkabel menjadi kebutuhan utama setiap orang pada 2013. Karena segala pekerjaan sudah bersandar pada internet, keberadaan penyedia wi-fi atau hotspot sangat vital. Anda bisa terjun ke bisnis ini jika ingin meraup pasar yang masif.

5. App store

Gartner memperkirakan, pada 2013-2014 ada 70 miliar software mobile yang diunduh setiap tahun dari toko-toko aplikasi online atau app store. Pada periode yang sama, software tersebut tidak lagi digunakan secara individual melainkan oleh korporasi. Ini menjadi pasar yang sangat menggiurkan.

10 Perubahan Trend Teknologi 2012


Tahun 2011 menandai sejumlah "pergeseran". Event sekelas Consumer Electronics Show di Las Vegas Januari lalu telah  mengirim sinyal perubahan, yang kemudian diteruskan pameran sejenis di Eropa (Bonn) maupun Asia Tenggara (Singapura), akan menjadi tolok ukur trend teknologi untuk tahun 2012.
Sejumlah lembaga riset pasar juga menenggarai  bagaimana produk baru hadir sebagai kompetitor potensial, bahkan lanjut menggantikan pemimpin pasar sebelumnya.
Supaya ringkas dan sederhana, berikut kami pilihkan beberapa arus perubahan trend dalam sebuah ilustrasi terkenal kisah David sebagai sang penantang dan Goliath sebagai yang diunggulkan.
Mari kita liat rival-rivalnya : 

iPad vs Kindle Fire


Genap dua tahun iPad hadir di tengah konsumen dan masih menjadi Tablet paling populer. Statistik penjualan Apple menunjukkan angka 40 juta unit sejak pembukuan April 2010, sementara para pesaingnya harus bongkar pasang strategi pemasaran dengan tambahan berbagai fasilitas dan aplikasi.
Hingga Oktober tahun ini, Amazon dengan berani meluncurkan Kindle Fire, sebuah Tablet berkapasitas 8GB, dan difokuskan untuk menjelajahi literatur (e-books) di dunia maya. Harganya? Yeap, cuma $199!
Kindle Fire akan dikirim ke berbagai negara mulai 15 November 2011 dan diprediksi sanggup mengalahkan iPad dari segi angka penjualan dan popularitas, karena kalau berdasarkan spec nya jelas sangat jauh berbeda.

Tablet vs Laptop

Ada yang menyebut sekarang adalah masa "post-PC", artinya kita tidak lagi berinteraksi terpaku di depan sebuah monitor dan CPU terpisah, melainkan menjinjing laptop. Tapi, ibarat seumur jagung, booming laptop agaknya mulai beralih dengan munculnya Tablet PC. Akankah laptop begitu saja terpinggirkan oleh kehadiran device yang lebih praktis dan multifungsi? Hasil riset International Data Group memproyeksikan penjualan laptop tahun 2012 masih akan stabil, bahkan mengalami kenaikan tipis sekitar 11%.

Blackberry vs Android, iOS, WindowsPhone

Di awal 2010, RIM BlackBerry  menjadi smartphone paling populer di kawasan Amerika Utara (NA). Tapi belakangan ini, RIM seakan tak kuasa menghadapi besarnya "bayang-bayang" berbagai operating system lain di platform mobile : iOS (Apple), Android  dan yang teranyar Windows 7. RIM lantas berbenah dan langsung bermanuver dengan meng-uprgade operating system menjadi BBXOS.
Pada acara tahunan Blackberry di bulan Oktober lalu, para engineer RIM membocorkan kemungkinan penggunaan Android pada smartphone mereka. RIM yang berjaya sebagai perintis smartphone kini dalam posisi terjepit oleh 3 OS lainnya. Belum lagi jika di tahun 2014 nanti, Linux siap terjun meramaikan pasar smartphone.


Flash vs Html
Adobe Flash sebagai platform pemutar video di internet tampaknya tak lama lagi bakal tergantikan HTML 5. Dan siapakah yang dengan "jumawa" memulai revolusi ini? Yeap! Apple mensterilkan fitur flash dari setiap produk device iOS. Langkah serupa juga diikuti Microsoft, yang meniadakan Flash plug-ins pada browser seri terbaru mereka IE 10, yang disediakan untuk Windows 8.

Flickr vs Instagram
Berapa banyak di antara kalian yang sudah mengunggah (upload) foto melalui Flickr? Situs ini cukup ramah bagi para user dan jaringannya pun didukung sistem yang komprehensif hingga tak heran jumlah usernya sudah mencapai 51 juta akun ID. Di sisi lain, para pengguna iPhone baru saja "berbulan madu" dengan kamera ciamik pada iPhone4 yang dilengkapi fitur share melalui app Instagram.
Sebagai perbandingan, Instagram meraih 9 juta user dalam waktu sepuluh bulan (dan lebih dari 150 juta foto terupload), sementara Flickr selama 2 tahun baru membagikan 100 juta file foto. Bukan hanya itu, pengelola Flickr tambah harap-harap cemas karena situs indk mereka, Yahoo, juga hendak bersinergi untuk meluncurkan app berbasis Android untuk menyaingi Instagram.

Facebook vs Google+
Friendster sebagai pionir jejaring sosial bermetamorfosis menjadi portal game, sedangkan "sang penerus" Facebook justru menjadi platform bagi game-game browser. Di sinilah persimpangan itu. Tak ada hujan, tak ada badai, tiba-tiba Google berinisiatif menciptakan platform jejaring sosial bernama Google+. Lawan yang cukup tangguh bagi Facebook, mengingat kapasitas user yang sudah menggunakan berbagai aplikasi Google bisa sangat diperhitungkan.
Mampukah Google+ menggoyahkan kemapanan Facebook (?) yang menyentuh angka 800 juta user di seluruh dunia (dengan jumlah terbesar di negara-negara maju seperti AS, Inggris dan Eropa)?
Google jelas pantang mundur. Dan 40 juta akun user kini bisa saling berbagi dengan fitur-fitur khas dan semakin "personal" untuk menularkan "plus" satu sama lain. Hei, mengapa keduanya tidak bergabung saja menjadi Facebook (+) plus ??

HDD vs SSD
 Solid-state drives (SSDs) semakin jadi pilihan kebutuhan penyimpanan data (storage) di mobile device, juga laptop. Ukurannya yang mini dengan kapasitas luar biasa, membuat seri Intel Ultrabook dan Apple MacBook Air terlihat ramping. Sistem booting SSD berjalan cepat karena tidak mempengaruhi komponen moving parts, yang diyakini membuatnya lebih tangguh dibanding HDD.

Keyboard vs Voice Control
 Hampir 150 tahun yang lalu, dunia modern mengenal mesin ketik. Di era komputerisasi, perannya praktis tergantikan oleh keyboard sebagai input device ke PC. Dan, katakanlah ada puluhan vendor menjadi pemain di segmen peripheral ini. Lantas bagaimana ketika Google dan Apple memperkenalkan sistem input berbasis perintah suara (voice-based)?
Kini para pengguna Android berkenalan dengan Voice Actions sementara pemilik iPhone 4S dengar-dengar semakin "mesra" dengan Siri.
Bukan hanya di platform device, Google juga coba bereksperimen untuk mengintegrasikan Voice Action pada aplikasi browser mereka: Google Chrome. Harus diakui, teknologi ini belum sepenuhnya sempurna (dan mungkin juga kita sebagai pengguna belum terbiasa. Walau bagaimanapun, teknologi perintah suara sudah semakin membumi.

Mobile web vs Traditional web
Lagi-lagi hasil riset IDC (Internet Data Centre) jadi acuan dengan memproyeksikan bahwa di tahun 2015 mendatang mayoritas warga AS akan mengakses internet via mobile device ketimbang PC.
Yup! Lupakan monitor, mouse,keybord dan CPU. Di masa depan, performa smartphone (dan tentunya juga Tablet) akan semakin ideal mengakselerasikan content website dari internet.
Pemakaian internet bukan lagi sekadar gaya hidup, melainkan kebutuhan yang menyatu dalam ritme aktivitas.Ketersediaan mobile device secara massal (dan harga yang relatif kian terjangkau) akan mengubah pola dan gaya hidup kita.

Spotify vs iTunes
Musik bagian dari hidup. Apple iTunes telah merevolusi industri musik di tahun 2003 dengan menyediakan lagu-lagu yang bisa didownload dengan harga relatif murah.
Oke, di internet kita memang bisa mencari dan mendownload lagu-lagu yang diinginkan (via mediashare etc). Di tengah hilir-mudiknya hits single terbaru, Spotify (dan sejumlah portal layanan music subscription) mulai "merongrong" kedudukan iTunes dengan memberi akses ke "gudang" atau perpustakaan lagu, yang tidak perlu dibeli atau dimiliki, karena pengguna cuma butuh koneksi untuk streaming. Jadi, konsepnya mungkin lebih memudahkan kedua pihak; antara pengguna yang ingin mendengarkan lagu tersebut dan penyedia layanan memberikan akses, sekaligus meraih user tentunya.
Spotify mengklaim saat ini telah diakses lebih dari 10 juta ID user aktif, dimana 2 juta ID di antaranya memilih opsi berlangganan. Dari layanan subscribe (berlangganan) inilah Spotify berharap terus mengalirkan pundi-pundi dollar.




Sabtu, 27 Oktober 2012

Membuat Theme Go Launcher di Android


Sudah bosan dengan tema yang ada dimarket? Ingin membuat tema sendiri? Mari kita berbagi bagaimana cara membuat tema pada aplikasi go launcher sesuai dengan imajinasi dan kreasi anda.


Pengenalan
GO ThemesFactory launcher adalah alat untuk membuat tema sendiri tentang GO Launcher EX. ThemesFactory memiliki semua unsur tema dalam GO Launcher EX. ThemesFactory juga memiliki materi indah yang dapat Anda pilih untuk digunakan secara bebas, selain itu juga memiliki banyak cara untuk memungkinkan Anda untuk mengedit gambar yang Anda masukan

Fitur
>>Pratinjau cepat
Daerah pratinjau dapat menunjukkan efek pengganti Anda dari elemen
>>Kendali pengganti
Unsur-unsur Anda dapat memulihkan termasuk wallpaper, ikon, latar belakang, warna teks dan sebagainya
>>Materi Indah
Ini juga memiliki materi indah yang dapat Anda pilih untuk digunakan secara bebas
>>Impor tema
Anda dapat mengimpor tema secara lengkap dan memodifikasinya
>>Pengolahan citra
Setelah memilih gambar dari komputer, Anda dapat mengeditnya juga
>>Ekspor APK cepat
Klik ekspor, mengisi info, maka bisa ekspor ke file APK
Peralatan
  • Go ThemesFactory yang dapat didownload di sini atau pada situs official go launcher di sini.
  • JDK Java download dan install di sini 
Setelah Anda menginstalnya browse ke "C:\Program Files\Java\" di dalamnya harus ada sebuah folder berlabel jdk1.6.0_26 atau apa pun Java terbaru versi 6 adalah JDK. Sekarang Anda tahu path ke folder Java Anda, Anda perlu setup Variabel Lingkungan Anda. (perlu diketahui,tools ini jalan di JDK versi 6 bukan JDK versi 7)

Environmental Values:
Pertama Anda harus pergi ke Pengaturan Variabel pada Windows. (Saya tidak tahu bagaimana Anda akan menggunakan ThemesFactory di linux maaf)
1.Dari desktop, klik kanan My Computer dan klik Properties.
2.Dalam System Properties, klik tab Advanced.
3.Dalam bagian Advanced, klik tombol Environmental Values.
4.Finally, di jendela Environmental Values (seperti yang ditunjukkan di bawah), sorot variabel Path di bagian System Variabel dan klik tombol Edit. 

Menambah atau memodifikasi garis jalan dengan jalur Anda ingin komputer untuk mengakses. Setiap direktori yang berbeda dipisahkan dengan titik koma seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

Source
Di bawah "System Variables" klik New kemudian ketik JAVA_HOME sebagai nama Variabel dan Nilai Variabel
C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_26 (atau folder lokasi anda menginstall) 
setelah penambahan selesai ketik path ;%JAVA_HOME%\bin; pada PATH anda.
Membuat lain Variabel Variabel Dinamakan 
;%JAVA_HOME%\jre\lib\rt.jar;% JAVA_HOME%\lib\dt.jar;%JAVA_HOME%\lib\tools.jar;

Video Tutorial

setelah itu anda dapat berkreasi
Berikut adalah screenshots dari fitur itu
Pertanyaan yang sering muncul:
Q>Tidak dapat mengekspor file APK atau mengekspor file unsigned.apk?
A>Komputer harus menginstal JDK sebelum untuk mengekspor tema.

Q>Tidak ada respon ketika Anda mengganti elemen?
A>Tidak mendukung untuk gambar pixel tinggi sekarang, dan Anda bisa memilih resolusi rendah.

Q>Bagaimana cara mengganti elemen?
A>Klik dua elemen dan membuka kotak penyuntingan.

Q>Bagaimana menciptakan tema baru?
A>Klik tombol "Buat" tombol di layar pratinjau dan tombol "New".

Q>Tidak dapat berjalan dengan sukses?
A>Komputer harus sudah menginstal JRE sebelum untuk menjalankan software ini.


sourche : http://tips-droid.blogspot.com

Kirim pesan dari Android ke BBM




1.Pastikan nomer anda tercantum pada kontak di phonebook blackberry. Jika belum, buat dan cantumkan nomer yang anda gunakan di android anda pada phonebook blackberry.

2.Buka BBM kemudian setting agar phonebook anda dapat tertaut dengan bbm contact. Caranya masuk pada option (tombol menu=>options) kemudian pastikan pilihan "Show text messages from contacts linked with blackberry contact" telah anda centang (biasanya akan meminta host routing table ulang, biarkan blackberry melakukan routing ulang) atau anda dapat juga melakukan link contact sebagai alternatif yang caranya dapat anda baca di sini.
3.Buatlah contact pada BBM, caranya klik "add a contact to text within BBM"
4.Setelah itu ketik nomer pada perangkat android anda atau nama yang telah anda cantumkan pada phonebook blackberry anda, maka secara otomatis akan mengenali yang anda masukan pada contact BBM tersebut.
5.Setelah selesai, cobalah untuk mengirim pesan, pesan pada aplikasi bbm blackberry, akan diterima pada perangkat android sebagai sms dan jika anda mengirim sms balasan maka akan diterima pada aplikasi bbm tersebut. Gambar di bawah ini sebagai contoh hasil test artikel ini dengan kedua rekan saya.
 Pada perangkat android
Pada bbm blackberry

6.Selesai dan anda dapat kirim pesan dari android anda ke bbm.

Kesimpulan:
-Hingga saat ini (artikel ini saya tulis) tidak ada apk yang dapat melakukan koneksi ke server RIM, untuk kedepannya saya kurang tahu, terlebih rumor adanya bbm pada OS 10 tidak menggunakan PIN dan dapat terkoneksi dengan menggunakan layanan internet biasa, ada kemungkinan bagi developer untuk porting app tersebut, tapi perlu diingat lagi adanya rumor yang kelak menggunakan BBID untuk layanan BBM tersebut, jadi hanya waktu yang bisa menjawabnya untuk kedepannya bisa atau tidaknya.

-Pengiriman pesan di atas lebih tepatnya seperti pengiriman pesan pada sms. Namun dengan sedikit trik anda dapat membuat seolah adanya BBM pada android, terlebih lagi jika anda seorang developer yang bisa mengubah tampilan pada aplikasi sms dengan tampilan seperti app BBM, maka penyamaran anda semakin sempurna.

-Jika ada saran atau kritik tentang artikel ini silakan tinggalkan komentar, karena kesimpulan dari artikel ini kami buat untuk membuktikan bahwa video yang beredar tentang BBM on android adalah trik. CMIIW

source : tips-droid.blogspot.com

Jumat, 19 Oktober 2012

Sistim Bilangan


SISTEM BILANGAN    
                                       

1.  BINER (basis 2) dengan simbol bilangan 0 dan 1.
2.  OKTAL (basis 8) dengan simbol bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7.
3.  DESIMAL  (basis 10) dengan simbol bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
4.  HEKSADESIMAL (basis 16) dengan simbol bilangan 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E, F
·       KONVERSI SISTEM BILANGAN1.   Basis X ke DESIMAL
·       Untuk bilangan bulat, kalikan bilangan tersebut dengan  pangkat basis X sesuai dengan nilai
    tempat/bobot        - Contoh :   1458 = ……..10
1458 = 1x82 + 4x81 + 5x80  =   64  +  32    +   5   = 10110·       Untuk bilangan pecahan, kalikan bilangan tersebut dengan  pangkat negatif basis X sesuai dengan nilai tempat/bobot
        - Contoh :   0, 128 = ……..10
0,12    =  1 x 1/81  +  2 x 1/82   = 1/8  +  2/64             =1/8 + 1/32   =4/32 + 1/32   =  5/322.  DESIMAL ke Basis X
·       Untuk bilangan bulat, bilangan tersebut dibagi dengan basis X
·       Untuk bilangan pecahan, kalikan bilangan tersebut dengan basisnya
3.  BASIS X ke BASIS Y
·       Bilangan tersebut diubah ke desimal (lihat no. 1) kemudian ubah desimal tersebut ke basis Y (lihat no. 2).
4.  BINER ke OKTAL dan sebaliknya
·       3 bit biner (dimulai dari titik radiks) = 1 digit oktal
5.  BINER ke HEKSADESIMAL dan sebaliknya
·     4 bit biner (dimulai dari titik radiks) = 1 digit
   heksadesimal·       KODE BINER
1.  Kode Biner yg berbobot ®BCD (Binary coded
    Decimal)Contoh : kode BCD 8421 artinya MSB = Most Significant Bit mempunyai bobot 8, sedang LSB = Least Significant Bit mempunyai bobot 1.         * Konversi BCD ke  sistem bilangan basis yang lain :-      BCD ke basis X ® ubah BCD ke Desimal kemudian ubah Desimal ke basis X.
Contoh :                  000101011 . 00100101BCD  = …… 2
        0 0010 1001  . 0010  0101   = 29,2510 =11101, 012                0    2             9      ,    2        52.   Kode Biner yang tidak berbobot
-      Kode Excess-3 ® kode yang tiga angka lebih besar dari BCD 8421.
        Contoh :   6210 = …….xs3Caranya : Tambah desimal 3  di setiap digit desimalnya kemudian ubah des. tersebut ke BCD, sehingga hasilnya menjadi      6   2                                                3   3  +                                                9   5  ®  1001 0101(xs3)     

- Kode  Gray ® kenaikan hitungan (penambahan) dilakukan hanya dengan pengubahan keadaan satu bit saja.
          Contoh :   210 = …..kode grayCaranya : ubah des. ke biner dahulu ® 0010                                         0      0     1        BINER ®           0    0      1      0   +
 KELABU®       0    0     1      1                                                                               Kode Gray sering  digunakan dalam situasi dimana kode biner yang lainnya mungkin menghasilkan kesalahan atau kebingungan selama dalam transisi dari satu word kode ke word kode yang lainnya, dimana lebih dari satu bit dari kode diubah.·       KODE ASCII   termasuk kode Alfanumerik .
Contoh : cari kode heksadesimal dan desimal untuk huruf b dalam kode ASCII.

-          Cari b dalam tabel 2.9 Kode ASCII (Pengantar Organisasi Komputer, GUNADARMA, halaman 68) nilai barisnya adalah (6)16 = (0110)2 dan nilai kolomnya adalah  (2)16 = (0010)2. Jadi kode ASCII untuk b adalah (62)16 atau (01100010)2.

·       REPRESENTASI FLOATING-POINT
-     Menyatakan suatu bilangan yang sangat besar/sangat kecil dengan menggeser titik desimal secara dinamis ke tempat yang sesuai dan menggunakan eksponen 10 untuk menjaga titik desimal itu.

- Sehingga range bilangan yang sangat besar dan sangat kecil untuk direpresentasikan hanya dengan beberapa digit saja.

- Dinyatakan dengan notasi ® a = (m,e) , dimana :
a= m x re       r = radiks
                   m = mantissa
                    e = eksponen
Contoh : Tunjukkan bilangan-bilangan berikut ini dalam notasi floating point.
a. (45.382)10® 0.45382 x 102 = (0.45382,2)
b. (-21,35)8 ® -2135,0 x 8-2 = (-2135.0,-2)



ARITMATIKA FLOATING POINT
-              Penambahan          0,63524 x 103
0,63215 x 103  +
                1,26739 x 103 ® 0,126739 x 104

-       Pengurangan         0,63524 x 103
                                        0,63215 x 103  -
                                         0,00309 x 103® 0,309 x 101
-                      0,10100 x 2® 0,01010 x 23
0,11000 x 2® 0,11000 x 23   +
                          1,00010 x 23 ® 0,10001 x 24
-       Perkalian
(0,253 x 102) x (0,124 x 103) = (0,253) x (0,124) x 102+3
                                                   
= 0,031 x 105 ® 0,31 x 104
                                    normalize
-       Pembagian      0,253 x 102 = 0,253 x 102-3
                                0,124 x 103     0,124       
                               
= 2,040 x 10-1 ® 0,204 x 100
                            overflow    

·                           REPRESENTASI FIXED POINT  
Radiks point/binary point tetap dan diasumsikan akan berada di sebelah kanan dari digit yang paling kanan.

1.      Representasi Sign-Magnitude/Nilai tanda
Untuk merepresentasikan bilangan integer negatif dan positif. Dengan menggunakan MSB sebagai bit tanda ®0 = positif, 1 = negatif
Contoh :
Sign-Magnitude +9 dalam 8 bit  = 00001001  
Sign-Magnitude –4 dalam 4 bit  = 1100

Magnitude dari bilangan positif dan negatif sama hanya beda pada sign digitnya/MSB.
2.      Representasi Komplemen-1
Untuk mendapat komplemen-1 maka bilangan nol diubah menjadi satu dan satu menjadi nol.

3.      Representasi Komplemen-2
Langkah-langkah : Pengubahan bilangan desimal bertanda ke bilangan komplemen-2 (8-bit)
·       Tentukan bit tanda/MSB ® 0 = positif, 1 = neg.
·       Ubah desimal ke biner (7-bit)
·       Ubah ke kompl-1 (setiap 0 diubah ke 1 dan setiap
      1 diubah ke 0)
·       Ubah ke kompl-2 (tambahkan +1 ke kompl-1
      untuk mendapat bil. kompl-2)
·       Gabung menjadi satu yaitu MSB sebagai tanda
      bit dan 7-bit sebagai besarannya.

Langkah-langkah : Pengubahan bil. kompl-2 (8-bit) ke bil. des. bertanda
·       Tentukan bit tanda/MSB
·       Ubah 7-bit kompl-2 tersebut  ke kompl-1
·       Ditambah +1 ke kompl-1
·       Ubah biner ke desimal


ARITMATIKA FIXED POINT
          Penambahan positif, negatif, dan secara kebalikan bil-bil. biner yang diberi tanda yang direpresentasikan dalam komplemen-2.
          001110 (+14)                                   110010 (-14)
       + 001100 (+12)         end carry     +  110100 (-12)
          011010 (+26)                                 1 100110 (-26)